Bagi pecinta keindahan kicauan burung, pastinya tidak asing lagi dengan burung Kacer. Burung kacer termasuk jenis burung yang cerdas dan mempunyai kemampuan menirukan suara burung lain. 
Untuk memaster burung kacer perlu perlakuan yang sesuai dan tepat.  


Untuk burung masternya, sebaiknya dipilih jenis burung yang suaranya monoton dan memiliki tembakan-tembakan yang merdu, hal ini akan mempengaruhi kualitas kicauan burung kacer nantinya. Burung untuk master antara lain suaranya burung ciblek, prenjak, kenari atau suara burung lain.

Karakter suara burung untuk master yang tepat yaitu memiliki nada yang tinggi dan cepat. Jangan terlalu memaksakan suara burung yang tidak sesuai dengan  karakter  suara burung kacer.
Pilih kondisi burung ketika sedang mabung atau sedang bulunya rontok. Karena pada kondisi ini burung lebih cenderung pasif dan jarang berkicau. Mereka lebih sering mendengar dari pada berkicau.

Waktu yang tepat untuk memaster burung yaitu ketika pagi setelah dimandikan dan dijemur, siang hari dan saat petang hari. Penjemuran kacer harus dilakukan secara rutin setiap hari agar burung lebih fit dan mempunyai nafas yang lebih panjang.

Usahakan untuk menutup sangkar burung dengan kerodong ketika dimaster. Hal ini bertujuan agar burung lebih focus dengan suara atau kicau masternya.

Penggunaan pemutar suara seperti mp3 player, kaset, cd atau media lain untuk memaster burung ok saja. Yang paling baik yaitu menggunakan suara asli burung atau bukan dari mp3 player atau sejenisnya.

Nutrisi burung juga akan mempengaruhi hasil dari proses memaster burung, untuk itu selalu perhatikan makanan burung. Buah-buahan bagus diberikan pada kacer yang berfungsi untuk menajamkan suara. Buah-buahan yang biasa diberikan pada kacer adalah ; Pisang, Pepaya, Apel Biasanya digunakan untuk menajamkan suara dan membikin suara menjadi lebih jernih. Jangkrik digunakan utk power suara Kacer.

Anda baru saja membaca artikel yang berjudul CARA MASTERING BURUNG KACER Silahkan baca artikel dari Cop-Elytaa Tentang http://cop-elytaa.blogspot.com/2014/02/cara-mastering-burung-kacer.html
Incoming search term:
  • Posting Komentar

     
    Top